Tuesday, January 22, 2013

Cara Mengatur Nomor Halaman dan Margin Halaman Lembar Kerja Excel

Saat mencetak worksheet yang sudah kita buat pada Microsoft Office Excel, ada kalanya kita harus melakukan beberapa pengaturan dari kondisi default. Bila pada artikel sebelumnya kita sudah belajar cara mengatur skala pencetakan dan ukuran kertas yang dipakai untuk mencetak lembar kerja Excel, maka pada artikel kali ini kita akan membahas cara mengatur nomor halaman dan menentukan margin halaman lembar kerja Excel.

Cara Mengatur Nomor Halaman

Pada menu File -> Page Setup, kita bisa menemukan menu pengaturan lembar kerja yang akan dicetak. Kotak teks First page number digunakan untuk menentukan nomor halaman pertama lembar kerja (worksheet) yang akan kita cetak. Nilai default yang tertera pada pengaturan adalah Auto. Pengaturan Auto ini berarti bahwa Microsoft Excel akan memberi nomor halaman pertama yang akan kita cetak dengan nomor 1 (satu).
Selain memakai setting Auto, kita dapat menentukan nomor halaman dengan nomor tertentu untuk halaman pertama dan halaman selanjutnya akan diisi dengan nomor-nomor berikutnya. Hal ini bisa dilakukan bila kita sudah mencetak beberapa lembar halaman sebelumnya dan ingin melanjutkan cetak halaman berikutnya.
Kita juga dapat menentukan nomor halaman dengan bilangan nol, positif maupun negatif. Pengaturan tersebut hanya berlaku bila kita memasang nomor halaman pada header dan footer. Bila kita mencetak tanpa penomoran header dan footer, kita bisa langsung mendapatkan halaman cetak Auto.
mengatur nomor halaman excel

Cara Mengatur Margin Halaman

Selain mengatur nomor halaman, ada kalanya kita harus mengatur margin, yaitu jarak tepi tulisan sesuai ukuran kertas. Untuk mengatur margin halaman lembar kerja yang akan kita cetak, kita bisa menggunakan tabulasi Margins. Dimanakah letak tab Margins? Pertama, bukan menu File -> Page Setup, pilih tab Margins, sehingga akan tampil kotak dialog Page Setup dengan tab Margins.
mengatur margin tepi halaman excel
Apakah kegunaan tab Margins? Pengaturan Margins digunakan untuk menentukan ukuran margin atau ruang kosong di bagian tepi halaman worksheet yang akan kita cetak. Beberapa pengaturan margins yang akan kita temui saat bekerja menggunakan Microsoft Office Excel adalah:
  • Top. Top Margin digunakan untuk menentukan ukuran margin pada bagian atas.
  • Bottom. Bottom Margin digunakan untuk menentukan ukuran margin pada bagian bawah.
  • Left. Left Margin digunakan untuk menentukan ukuran margin pada bagian kiri.
  • Right. Right Margins digunakan untuk menentukan ukuran margin pada bagian kanan.
  • Header. Header Margin digunakan untuk menentukan ukuran margin pada bagian header (judul kepala).
  • Footer. Footer Margin digunakan untuk menentukan ukuran margin pada bagian footer (judul kaki).
Demikian artikel tips menentukan nomor halaman dan mengatur margin pada lembar kerja Microsoft Excel ini saya bagi. Mudah-mudahan bisa membantu Anda dalam bekerja membuat laporan yang baik dan menarik.

No comments:

Post a Comment