Tuesday, January 22, 2013

Manfaat komputer dan internet bagi masyarakat luas

Manfaat komputer dan internet bagi masyarakat luasKomputer dan internet tidak hanya bermanfaat bagi pelajar saja, namun juga untuk masyarakat secara luas. Bagi masyarakat modern yang tinggal di kota besar, keberadaan komputer rasanya tidak akan asing. Kebanyakan dari orang di kota tidak membutuhkan pendidikan formal untuk mengoperasikan komputer karena ketersediaannya membuat mereka dapat melatih diri sendiri dengan mengotak atik secara otodidak. Terutama untuk mereka yang memiliki komputer di rumah. Selain itu mereka bisa belajar kepada saudara atau teman yang menguasai cara menggunakan komputer. Akan tetapi berbeda halnya dengan masyarakat yang tinggal di pedesaan. Jangankan memiliki komputer di rumah, bisa jadi bentuknya saja seperti apa mereka tidak tahu. Akan sulit bagi mereka belajar mengoperasikan komputer dasar secara langsung tanpa adanya lembaga formal yang mendidik mereka melalui langkah-langkah yang disesuaikan.
Belajar dari orang lain di satu desa belum tentu bisa dilakukan dikarenakan belum tentu ada orang yang menguasai cara mengoperasikan komputer di suatu desa. Banyak masyarakat di daerah terpencil yang sangat takjub dan bersemangat melihat telepon seluler yang difungsikan sebagai penghubung komunikasi antara orang yang sangat jauh. Dapat dipastikan mereka akan lebih kaget dengan benda lain yang jauh lebih hebat daripada sekedar ponsel. Apalagi saat mereka mengetahui bahwa komputer yang terhubung dengan internet dapat digunakan untuk mencari informasi apapun di dunia ini. Ditambah lagi adanya fasilitas seperti video chat yang membuat orang dimanapun dapat berkomunikasi seperti layaknya duduk berhadapan.
Itulah keajaiban teknologi yang bernama komputer yang ditemani internet sebagai penyempurna. Pengembangan teknologi abad modern ni memang menarik minat masyarakat untuk mempelajari komputer. Bahkan tidak jarang diantaranya ada yang bersemangat belajar komputer meskipun telah berusia senja. Sebagain besar dari masyarakat yang antusias dalam belajar komputer dasar adalah supaya mereka dapat mengoperasikan perangkat lunak yang digunakan dalam internet. Hal ini sangat berguna menunjang hal-hal positif dalam pekerjaan mereka. Salah satunya adalah dengan menjamurnya bisnis online. Melalui internet, siapa saja dapat menjual barang apa saja kepada orang yang lokasinya jauh dari sekitar rumahnya. Produsen tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk sewa toko, etalase di mall dan lain sebagainya.
Masyarakat yang berbelanja pun sangat dimudahkan dengan belanja online. Dengan online anda dapat mencari barang yang diinginkan tanpa harus keluar masuk toko, utamanya bagi barang yang bisa dikategorikan langka atau belum dijual di daerah terssebut. Minimal, informasi penjualnya dapat ditemukan di internet, sehingga ketika keluar rumah langsung menuju ke tempat penjualnya. Hemat energi dan waktu, kan? Ya, internet memang merupakan sumber informasi apa saja. Masih banyak manfaat internet yang lain, mungkin sebagian besar daripada anda sudah melakukannya saat ini, namun tidak merasakan bahwa itu sebenarnya manfaat besar.
Demikian ulasan singkat kami mengenai manfaat internet untuk masyarakat luas. Semoga bermanfaat. (iwan)

No comments:

Post a Comment