Tuesday, January 22, 2013

Cara Memasukkan (Input) Data Microsoft Excel 2003 Dengan Cepat

Cara Memasukkan (Input) Data Microsoft Excel 2003 Dengan Cepat
Bekerja dengan komputer hendaknya bisa dilakukan dengan cepat dan tepat. Kebutuhan dunia kerja yang kompetitif dan waktu yang terbatas mengharuskan setiap pekerja harus memahami trik bekerja dengan efisien. Artikel belajar komputer kali ini akan membahas cara memasukkan (input) data pada Microsoft Excel 2003 dengan cepat. Karena kalau data yang Anda gunakan berjumlah banyak dan memiliki range yang luas, maka akan sangat tidak efektif bila menginput data satu per satu.

Untuk memasukkan data yang sama ke dalam beberapa sel pada saat yang bersamaan, Anda dapat melakukannya dengan prosedur sebagai berikut:

1. Pilih sel-sel dimana Anda ingin diisi data.
2. Ketik data dan tekan Ctrl+Enter.
Sebagai contoh, bentuklah range mulai dari sel A1 sampai B4, kemudian ketik Belajar Komputer di sel A1, lalu tekan Ctrl+Enter sehingga teks yang diketik akan diisikan pada setiap yang terpilih.
Lalu, bagaimana cara input data yang sama dalam sebuah grup sheet? Untuk memasukkan atau menyunting data yang sama secara otomatis pada beberapa sheet yang tergabung dalam suatu grup sheet dapat dilakukan dengan prosedur berikut ini.
1. Bentuklah sebuah grup sheet dengan menggunakan salah satu perintah berikut:
• Untuk memilih sheet tunggal, apabila Anda tidak dapat melihat tab sheet yang akan dipilih, klik tombol-tombol pada bagian navigasi sheet untuk menampilkannya, dan klik tab sheet.
• Untuk memilih dua sheet atau lebih (grup sheet) yang posisinya berdekatan, klik tab sheet yang pertama, tekan dan tahan tombol Shift dan klik tab sheet terakhir.
• Untuk memilih dua sheet atau lebih (grup sheet) yang posisinya tidak berdekatan, klik tab sheet yang pertama, tekan-tahan tombol Ctrl dan klik tab-tab sheet yang lain.
• Untuk memilih semua sheet dalam workbook, klik kanan sebuah tab sheet, pilih menu Select All Sheet pada menu shortcut.
Sedangkan perintah untuk membatalkan pemilihan tab-tab sheet dalam workbook, klik tab sheet yang tidak menjadi anggota grup, atau klik kanan sebuah tab sheet dan pilih menu Ungroup Sheets.
2. Jika langkah nomor 1 sudah Anda lakukan, pilih salah satu sheet yang akan diisi data, kemudian pilih sel atau range yang akan diisi data.
3. ketik data dalam sel, kemudian tekan tombol Enter atau Tab. Perhatikan bahwa kedua sheet tersebut akan diisi dengan input data yang sama dan pada alamat sel yang sama pula.
Ketika Anda membentuk sebuah grup sheet, perubahan yang dilakukan pada sebuah sheet yang aktif, secara otomatis juga berlaku pada sheet lain yang menjadi anggota grup sheet. Cara ini akan membantu menghemat banyak waktu Anda dalam bekerja.

No comments:

Post a Comment